• Mudik ala Agb..

    Tidak terasa waktu libur ramadhan akan segera tiba. Mahasiswa AGB pun mulai sibuk menyiapkan kepulangannya ke kampung/kota halamanya masing-masing. ada yang sibuk dengan transportasi, tiket, oleh-oleh, bhkan sibuk dengan kost-an yang rawan.hehehe..

    By the way, kita gak akan ngebahas soal sibuknya persiapan mudik, biarlah itu menjadi sebuah ritual yang indah d bulan ramadhan ini, asalkan jangan lupa ibadah. Yang akan dibicarakan kali ini adalah relevansi mudik sebagai upaya membangun kesadaran mahasiswa AGB untuk dapat membangun daerahnya masing-masing. Terdengar rumit yah, tapi mari kita coba diskusikan dengan lebih ringan. hehehe..

    Seperti yang kita sama-sama laukan setiap tahunnya, menjelang Idul Fitri mayoritas mahasiswa IPB pulang kembali ke daerahnya masing-masing. mereka kemudian membawa banyakinformasi dan pengetahuan baru bagi saudara dan keluarganya, bertukar pengalaman dan pengetahuan. kemudian menikmati indahnya hari-hari idul fitri bersama-sama. nah, mari kita analogikan dengan waktu kita lulus nanti. seharusnya, sebagai alumni AGB IPB kita melakukan hal yang sama dengan agenda mudik idul fitri. kita, putra-putri terbaik Indonesia seharusnya kembali ke daerah masing-masing. di sana lah ladang pengabdian kita yang sebenarnya. bukan hanya soal pengabdian, tapi karena kesepatan yang lebih besar memang ada di daerah. sumatera, kalimantan, sulawesi, papua,bahkan NTB memiliki banyak potensi yang harus dikembangkan terutama pertanian. karena seharusnya yang paling tahu potensi daerah adalah warganya sendiri.

    Oleh karena itu, dalam rangka mudik kali ini, coba deh kita isi libur kali ini dengan sama-sama memperhatikan kondisi dan peluang yang ada di daerah sekitar kota/kampung halaman kita. mulai deh dengan yang kecil-kecil, seperti memperhatikan lingkungan pasar atau sentra pertanian di daerah kita. cari satupoteni besar daerah kamu yang dirasa belumdimanfaatkan. bikin pkm, trus nanti aplikasikan deh. at least kayak gitu..
    saatnya mudik bermanfaat ala agbers..growingg the future!!

    Post Tagged with ,
Comments are closed.