• Agriseason 2010 (Agribusiness National Seminar In The Sector Of Cooperation)

    AGRISEASON 2010 dengan tema acara “Koperasi Agribisnis: Membangun Daya Saing Perekonomian Nasional dalam Era Perdagangan Bebas” dilaksanakan pada Minggu 6 Juni 2010 di Auditorium Andi Hakim Nasoetion IPB Darmaga. Agriseason 2010 merupakan rangkaian acara dari AGRINATION (Agribusiness in Action) 2010 yang merupakan proker Himpunan Profesi Mahasiswa Peminat Agribisnis (HIPMA) yang sekaligus menjadi rangkaian Dies Natalis FEM IPB yang ke-9.

    Pada Seminar yang dibuka secara resmi oleh Dr.Ir.Yusman Syaukat, M.Ec selaku Dekan FEM IPB tersebut hadir Wakil Menteri Pertanian DR. Ir. Y. Bayu Krisnamurthi, MS sebagai keynote speaker, Adi Sasono yang merupakan dewan penasehat DEKOPIN, Djabaruddin Djohan yang merupakan ketua LSP2I , dan drh. Ramdhan Sobahi sebagai perwakilan dari KPSBU adalah para ahli dibidang koperasi yang menyampaikan materi pada talkshow dengan moderator Ir. Lukman M Baga, MA.Ec staf ahli Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Bersatu. Seminar ini dihadiri pula oleh jajaran Ketua Departemen dan Dosen di lingkungan FEM IPB, perwakilan dari pihak Bupati dan Walikota Bogor, serta Gapoktan dan kelompok Tani Desa Cikarawang yang merupakan mitra desa HIPMA IPB.

    Dr. Ir. Y. Bayu Krisnamurthi, MS menyampaikan orasi yang berjudul “Koperasi Pertanian Sebagai Upaya Membangun Daya Saing Perekonomian dalam Era Perdagangan Bebas”. Beliau menyampaikan bahwa pembangunan koperasi mampu membangun perekonomian sebuah bangsa menuju kesejahteraan. Beliau menyampaian bahwa negara maju seperti Singapura, Amerika Serikat, Jepang adalah negara yang telah menopangkan diri pada koperasi dengan fakta bahwa 70 persen dari masyarakat negara maju tersebut merupakan anggota dari koperasi. Selain itu, dalam makalah yang disampaikan beliau bahwa koperasi pertanian merupakan paradigma baru pembangunan kelembagaan pertanian. Koperasi diharapkan mampu meningkatkan daya saing dan bargaining position dari produk pertanian yang dihasilkan oleh pertanian Indonesia.

    Pada kesempatan talkshow, Ir.Lukman M Baga,MA.Ec menjadi moderator dari para pembicara yang merupakan para ahli dibidang koperasi Indonesia. Adi Sasono menyampaikan materi dengan judul “Pengembangan Koperasi Dalam Perspektif Dinamika Pasar Bebas” menjadi pemberi materi pertama. Selanjutnya Djabaruddin Djohan menjadi pemberi materi kedua dengan Judul “Pembangunan Koperasi Pertanian Dalam Era Perdagangan Bebas” dan dilanjutkan pembicara ketiga drh. Ramdan Sobahi dengan memberikan materi “Profil dari KPSBU”. Adi Sasono dan Djabaruddin djohan menyampaikan materi dari perspektif Koperasi secara makro, sedangkan drh. Ramdan Sobahi memberikan perspektif koperasi dari sudut grassroot.

    Acara dilanjutkan kepada sesi diskusi dan Tanya jawab dengan audiensi. Audiensi diberikan kesempatan sebanyak lima pertanyaan kepada para pembicara. Talkshow diakhiri dengan penyerahan sertifikat, karikatur, dan kenang-kenangan kepada para pembicara maupun moderator oleh Dekan FEM maupun Ketua Departemen Agribisnis. Acara berikutnya merupakan hiburan yang terdiri dari games, tarian kontemporer dan akustik dari mahasiswa IPB (hmk&rs).

    AGB..Growing the Future!

Comments are closed.