• Agribusiness Youth Camp – Agrination 2010

    Agrination 2010 (Agribusiness in Action 2010) merupakan salah satu program kerja HIPMA (Himpunan Peminat Mahasiswa Agribisnis) yang selalu diadakan setiap tahun. Agrination terdiri dari tiga rangkaian acara, yaitu Agriseason (Agribusiness National Seminar in The Sector of Cooperation), Agribusiness Youth Camp (AYC), dan Agribusiness Festival (Agrifest).

    Kegiatan yang ditujukan untuk memperkenalkan konsep agribisnis kepada para pelajar SMA dengan cara yang. Tema kegiatan ini adalah “The Strategy of Agribusiness for Indonesia Economic Future” Pada kegiatan ini terdapat sebuah kompetisi yang diajangkan, yaitu kompetisi debat dalam bahasa Inggris. Pesertamembuat essay sebagai tahap seleksi pertama lalu akan diambil tim terbaik untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu kompetisi debat. Tim terbaik yang telah lolos akan diikutsertakan ke dalam kegiatan AYC selama 2 hari.

    Kompetisi bersifat kompetitif antar peserta, sehingga dapat meningkatkan fantastisme agribisnis bagi para peserta lomba. Namun, tidak hanya kompetisi debat saja yang dilangsungkan dalam AYC. Para peserta akan mengikuti kegiatan AYC lainnya di Kampus IPB Darmaga, Bogor.

    AYC diadakan pada tanggal 20-21 November 2010. Terdapat 11 tim peserta yang mengikuti acara ini yang berasal dari Jawa Barat. Hari pertama diadakan talkshow menarik mengenai seputar dunia agribisnis sebagai gambaran bagi pelajar terhadap agribisnis sebenarnya. Talkshow ini diisi oleh Bapak Burhanuddin selaku Dosen Agribisnis dan Faisal Nafis selaku mahasiswa Agribisnis angkatan 43. Selanjutnya yaitu kegiatan fieldtrip yang diselenggarakan di Kebun Cikabayan, Kandang Sapi, dan Kandang Kuda Kampus IPB Dramaga, Bogor. Para peserta sangat antusias selama fieldtripdengan menaiki 2 Bus IPB yang di dalamnya dipandu oleh panitia dengan memperkenalkan gedung-gedung yang berada di Kampus IPB Dramaga. Setelah itu, para peserta dipersilahkan beristirahat di Wisma Rosa dan dilanjutkan dengan welcome party pada malam harinya. Welcome party berjalan dengan sederhana, yaitu dimulai dari sesi perkenalan peserta hingga technical meeting. Pada saat acara ini berlangsung, para peserta menggunakan dresscode batik sebagai simbol cinta Indonesia.

    Pada hari kedua, setelah peserta mandi dan sarapan, peserta diberangkatkan ke Kampus IPB Dramaga, khususnya ke Ruang Departemen Agribisnis. Mereka dibagi ke dalam 3 grup debatĀ  dimana setiap grup debat akan berlangsung di tiga tempat secara bersamaan. Sebagai juri debat pada kompetisi ini antara lain Bapak Suprehatin, Bapak Fery William, Ibu Heny, Bapak Maryono yang merupakan staf pengajar Departemen Agribisnis, Doni selaku ketua perhimpunan debat Bahasa Inggris, dan Miss Tracy selaku native teacher dari English First (EF). Terdapat dua babak dalam kompetisi debat, yaitu preliminary rounds, dan grandfinal rounds. Kompetisi ini menggunakan sistem Format World Schools yang sistem penilaiannya menggunakan sistem Tabulasi. Debat berlangsung dengan suasana tegang dimana setiap peserta menunjukkan kebolehannya dalam mengemukakan pendapat tentang Agribisnis dengan Bahasa Inggris. Walaupun mereka masih duduk di bangku SMA yang notabene sedikit memiliki pengetahuan Agribisnis, tetapi mereka dapat menampilkan pendapat yang sangat mencerminkan Agribisnis. Dari babak penyisihan dimana tiap tim bertemu dengan semua tim lainnya di dalam satu grup, diperoleh 3 finalis untuk maju ke babak grandfinal. Dari babak grandfinal, diperolehlah pemenang kompetisi ini, yaitu SMAN 1 Karawang sebagai The Champion, SMAN 1 Indramayu sebagai 1st runner up, SMA Regina Pacis sebagai 2nd Runner up, dan Ujang Purnama yang berasal dari SMAN 1 Karawang sebagai Best Speaker. Akhirnya di ujung acara, dilakukan sesi foto antar pemenang dan semua peserta.

    Post Tagged with ,
Comments are closed.