• Kunjungan Hipma IPB ke Himitepa IPB

    Dalam rangka memenuhi salah satu program kerja HIPMA dari Departemen B’Extion, yaitu Scoope (Visit and Compare Study), pada tanggal 18 Maret 2011 HIPMA mengadakan kunjungan ke himpunan profesi Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, yaitu HIMITEPA. Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB di sekretariat HIMITEPA, FATETA.Jumlah peserta dari HIPMA yang mengikuti kunjungan ini sebanyak 21 orang, sedangkan perwakilan HIMITEPA yang menyambut kunjungan HIPMA yaitu sebanyak 16 orang.

    Acara dimulai dengan perkenalan antara pengurus HIPMA dan pengurus HIMITEPA. Namun sayangnya karena waktu yang terbatas, tidak semua pengurus dapat memperkenalkan diri. Kemudian dilakukan presentasi profil pengurus dan program kerja HIMITEPA selama satu tahun ke depan, oleh Muhamad Iqbal Bijaksana, Ketua Pengurus HIMITEPA. Setelah itu, bergantian Ketua Pengurus HIPMA, Rendi Seftian, yang menyampaikan program kerja dan profil organisasi. Acara berlangsung sedikit informal dengan hanya duduk lesehan di ruangan sekretariat HIMITEPA yang tidak begitu luas. Banyak canda tawa antar pengurus sehingga terkadang sedikit gaduh, namun acara tetap berjalan dengan baik.

    Acara selanjutnya yaitu masing-masing departemen HIPMA dan HIMITEPA yang memiliki kemiripan orientasi program kerja dan tugas dalam organisasi, berkumpul dan bertemu untuk saling berdiskusi. Acara diskusi ini berlangsung sekitar 30 menit di kantin SAPTA yang dekat dari sekretariat HIMITEPA. Pengurus HIPMA terlihat begitu bersemangat untuk menggali informasi yang berguna bagi kemajuan organisasi.

    Setelah itu, semua anggota kunjungan kembali ke dalam ruang sekretariat HIPMA untuk acara penutupan. Dari beberapa pengurus HIPMA dan HIMITEPA diminta untuk mengutarakan pesan dan kesan selama acara berlangsung. Banyak tanggapan baik dari HIMITEPA untuk dapat bekerja sama dengan HIPMA sehingga dapat tercapai visi dan misi masing-masing.

    Ada satu kutipan menarik dari MC kunjungan yaitu , ‘yang muda yang berkarya, yang tua yang dipercaya’. Maksutnya bahwa HIMITEPA sebagai salah satu himpunan profesi yang telah lama berdiri, ingin mengajak HIPMA yang masih ‘muda’ ini untuk terus berkarya menghasilkan karya-karya terbaik dan bermanfaat bagi khalayak luas. Walaupun begitu, kedua organisasi masih harus belajar bagaimana cara melayani dan berorganisasi sehingga semua program kerja dapat terlaksana dengan baik. Akhirnya pada pukul 21.20 WIB acara berakhir dan masing-masing peserta kunjungan pulang dengan meninggalkan kesan yang baik. Tetap maju dan pantang mundur! (NA/B’Extion)

    Post Tagged with ,
Comments are closed.