• Upgrading Pengurus Hipma 2011/2012

    Pelantikan

    Pada akhir bulan februari kemarin, Beareu Human Resousces and Development mengadakan acara diklat untuk pengurus HIPMA dan FASTER. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Up grading HIPMA yang dilanjutkan dengan outbound di minggu berikutnya, yaitu pada tanggal 4 Maret 2012. Acara ini terselenggara berkat kerja sama antara HIPMA dan FASTER (Himpro ekstensi).

    Seharusnya acara dimulai pukul 08.00. Namun karena banyak yang belum hadir,  acara baru  dimulai pada pukul 08.30. Sebelum memasuki ruang kuliah AGB 202 A, para peserta mengisi daftar hadir di meja yang telah tersedia di samping pintu masuk. Kemudian peserta diberi snack yang berisi makanan yang termasuk olahan diversifikasi pangan. Antusiasme peserta sangat tinggi terhadap konsumsi yang diberikan. Apalagi ketika mencicipi nasi jagung yang terasa awam bagi para peserta.

    Acara ini dipandu oleh Andika Khairani Aisyah dan Inestha Naldi yang keduanya merupakan mahasiswa Agribisnis 47.  Peserta yang hadir pada saat itu ada sebanyak 66 orang, diantaranya 45 orang pengurus HIPMA, 6 orang BP HIPMA, dan 15 orang pengurus faster. Acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua HIPMA 2012, yaitu Muhamad Yunus. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari pembina HIPMA, yaitu Bapak Feryanto William Karo-Karo. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi foto kepengurusan di tangga pinggir ruang kuliah AGB 202 A. Para peserta diklat sangat antusias dalam sesi ini. Bahkan meski cuaca pada saat itu panas, para peserta bersemangat untuk berfoto ria. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Yusalina. Kemudian acara dilanjutkan dengan musyawarah kerja yang berlangsung selama 15 menit. Dalam musyawarah kerja, setiap Divisi memperkenalkan anggota dan program kerja yang akan dilaksanakan yang dipandu oleh setiap ketua divisi, baik dari HIPMA maupun FASTER. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembeian surat tugas untuk semua pengurus HIPMA dan FASTER.

    Outbound

    Ada yang berbeda dengan yang terjadi di minggu pagi pada tanggal 4 Maret 2012. Pagi-pagi buta, pengurus HIPMA 2012 sudah berkumpul di ATM Centre. Eskpresi para peserta sangat beragam, ada yang bersemangat, diam saja, bahkan ada yang masih mengantuk. Perjalanan baru dimulai pukul 06.30 dengan start di depan BNI karena  masih ada yang telat sehingga waktu untuk mobilisasi ke tempat outbound telat setengah jam. Para pengurus HIPMA dimobilisasi ke tempat outbound menggunakan Angkutan Kota. Setelah satu jam perjalan akhirnya sampai juga di Kampung Sari Kolot, Bukit Villa Makatielo YPMB. Suasananya sejuk dan berawan karena terletak di kaki Gunung Salak.

    Para peserta beristirahat sejenak di aula yang telah disediakan oleh pengelola. Tampak sekali raut wajah yang lelah dari sebagian peserta. Karena sudah waktuya untuk sarapan, panitia membagikan konsumsi yang telah dipesan sebelumnya. Sayang sekali, konsumsi yang tersedia tidak sebanding dengan peserta yang hadir. Banyak yang membatalkan hadir karena berbagai alasan. Bahkan pengurus  FASTER yang hadir pun hanya empat orang. Acara baru dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Ketua HIPMA 2012 dan Ketua HIPMA 2011. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua B’Hero, Deri Darmansyah. Sebagai pembuka acara utama yaitu outbound, para peserta diberikan training motivation oleh Trainer dari ATOM. Setelah itu para peserta di bagi ke dalam 3 kelompok dan dimobilisasi untuk mengikuti pos-pos yang menyediakan berbagai permainan yang memberikan banyak pembelajaran bagi para peserta. Terlihat wajah senang dari para peserta saat mengikuti berbagai permainan yang ada. Meskipun hujan mengguyur wahana outbound, tidak menyurutkan keinginan para peserta untuk menghentikan permainan. Pada permainan terakhir, peserta diharuskan untuk menginjak lumpur yang super kotor sehingga baju dan celana kotor penuh dengan lumpur. Namun setelah itu, panitia mempersilahkan para peserta untu membersihkan diri di sungai. Ternyata tidak hanya anak kecil yang suka main air, pengurus HIPMA sekalipun sangat senang bermain air. Tak terasa waktu cepat berlalu dan kegiatan outbound pun berakhir dengan dikumpulkannya para peserta dan diberikan materi oleh trainer.

    Sebelum pulang, para peserta membersihkan diri dan makan siang bersama. Mereeka tampak lahap menyantap makanan yang tersedia. Karena angkutan kota yang sudah dicarter belum datang juga, momen ini dimanfaatkan untuk sharing. Setelah satu jam menunggu, akhirnya angkutan kota yang ditunggu telah datang dan tepat pada pukul 16.00 rombongan tiba di ATM Centre IPB. (Annisa Nur Maryam)

Comments are closed.