• OBSESI 1: Cerita Indah Tentang Agribisnis (CINTA)

    IMG_0403

    OBSESI (Obrolan Santai Ekonomi Agribisnis) merupakan salah satu program kerja Creativity and Career Development Department dibawah naungan HIPMA. OBSESI merupakan program kajian agribisnis dengan membahas isu-isu yang terjadi di dunia nyata dalam upaya peningkatan pengetahuan dan wawasan seputar dunia agribisnis. Kali ini OBSESI mengusung tema CINTA yang merupakan singkatan dari Cerita Indah Tentang Agribisnis.

    OBSESI pertama diadakan di RK 4 AGB 202 A pada tanggal 27 Februari 2014 dihadiri oleh kurang lebih 54 peserta yang terdiri dari mahasiswa Agribisnis angkatan 48, 49, 50 serta perwakilan dari beberapa HIMPRO FEM. Acara dimulai pada pukul 19.30 WIB dengan pembukaan dari dua MC yaitu Priscilla Siregar dan Danvi Sarah (AGB 49). Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh Sugandi (AGB 49). Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua HIPMA periode 2013-2014, Salman Fajri (AGB 48). Kemudian, acara secara resmi dibuka oleh perwakilan dari Departemen Agribisnis yaitu Bapak Ach. Firman Wahyudi, S.E., Setelah itu, dimulailah acara talkshow yang dipandu oleh Khalifardhi Ikhsan (AGB 49).

    Dengan tema Cerita Indah Tentang Agribisnis, narasumber yang diundang yaitu Ikhwan Rauf, Owner Sop Duren Lodaya. Saat ini Sop Duren Lodaya sedang digandrungi oleh masyarakat Bogor dari berbagai kalangan. Tentunya hal ini menarik minat para mahasiswa untuk mengetahui rahasia sukses seorang Ikhwan Rauf sehingga usahanya di bidang kuliner ini bisa berkembang pesat seperti saat ini.

    Sop Duren Lodaya pertama kali dibuka pada bulan Mei 2013 dengan 3 orang karyawan. Saat ini cabang Sop Duren Lodaya di sudah berjumlah 5 buah di Bogor dan 1 buah cabang di Jogjakarta dengan total karyawan mencapai 150 orang. Ikhwan Rauf melirik komoditas durian karena hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai durian. Selain itu, ia membidik pangsa pasar di kelas menengah karena menurutnya bisnis di pasar kelas menengah memiliki potensi untuk dikembangkan.

    Kesuksesan Ikhwan Rauf juga tidak terlepas dari keinginannya untuk selalu menyajikan produk yang sehat dan berkualitas bagi konsumennya. Hal ini ditunjukkan dengan memilih bahan baku yang selalu segar, bebas pengawet dan terjamin kebersihannya. Menurutnya, dengan menjaga dan meningkatkan kualitas produk, kita bisa membuat bisnis yang kita geluti memiliki nilai unggul dibandingkan dengan kompetitor bisnis yang sejenis dan memiliki nilai tambah tersendiri di mata konsumen.

    Dalam sesi tanya jawab, pertanyaan pertama dilontarkan oleh saudara Fauzan Al Hajj yakni mengenai upaya untuk menghindari partner bisnis yang tidak loyal. Ikhwan Rauf menjelaskan bahwa hal itu bisa dihindari dengan melakukan pendekatan secara personal kepada setiap stakeholder di perusahaannya dan merekrut orang-orang yang jujur. Kemudian, pertanyaan kedua dilontarkan oleh saudara Vino Ardianto yakni mengenai bagaimana cara memulai bisnis yang belum sepenuhnya didukung oleh orang tua. Ikhwan Rauf menjawab bahwa sebenarnya orang tua merasa khawatir dengan risiko bisnis yang akan kita geluti. Sehingga hal yang perlu dilakukan adalah meyakinkan orang tua kita bahwa sebenarnya kita sanggup melaksanakan bisnis tersebut. Selain itu, ada juga pertanyaan dari saudari Nuraini Bella Adhisty mengenai bagaimana cara membaca potensi pasar sehingga bisa mengembangkan bisnis baru. Ikhwan Rauf menjelaskan bahwa kita harus bisa mengetahui apa yang belum tersedia di pasar dan mencari informasi apakah di bidang tersebut sudah terdapat kompetitor ‘kelas berat’ atau belum. Karena sebagai pemula biasanya kita belum banyak mengetahui strategi yang harus dikembangkan pada bisnis tersebut. Jika dianalogikan dalam karate, kita yang masih memiliki sabuk putih sebaiknya bertanding dengan lawan yang masih memiliki sabuk putih juga karena kita membutuhkan usaha yang lebih kuat jika harus bertanding dengan lawan yang sudah memiliki sabuk hitam.

    Menurut Ikhwan Rauf kunci sukses dalam melakukan bisnis yang ia lakukan adalah kombinasi dari pengetahuan, pengalaman, niat dan keikhlasan. Pesan penting yang ia sampaikan kepada peserta talkshow adalah jalankan peran sesuai posisi kita saat ini.

    Setelah sesi tanya jawab berakhir, acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize bagi tiga penanya berupa Exclusive Member Card Sop Duren Lodaya. Selain para penanya, yang beruntung mendapatkan Exclusive Member Card ini adalah para peserta yang datang paling awal yaitu saudara Rizky Prayogo Ramadhan, Hidanti Karnila, dan Khoiru Rizqy Rambe. Setelah pemberian plakat dan sertifikat kepada pembicara dan moderator serta pembagian doorprize, MC pun menutup acara pada malam itu. (RAP/48)

    Post Tagged with , , ,

Leave a Reply