• How to Start a Business!

    IMG_5013

    Hanya berselang lima hari dari agenda mentoring serentak, D’Entre kembali menyajikan sebuah rangkaian acara yang didesain layaknya business school. Workshop I ini digelar pada hari Senin, 10 Maret 2014 pukul 19.00-21.00 bertempat di RK AGB202B. Tema yang disajikan pula disesuaikan adalah cara memulai suatu bisnis. Materi yang menarik ini dibawakan oleh Pak Burhan selaku dosen Agribisnis IPB.

    Kegiatan Workshop I dibuka pada pukul 19.15 oleh Fathur (AGB48) dan Danvi (AGB49) selaku MC selama kegiatan berlangsung. Tilawah yang dibawakan oleh Sugandi (AGB49) menjadi salah satu faktor yang membuat acara Workshop I ini berjalan dengan lancar. Tepat pada pukul 19.20 Pak Burhan memulai berbagi ilmu kepada seluruh peserta TRADER yang hadir pada malam itu. Para peserta terlihat tampak semangat dalam mengikuti rangkaian TRADER ini. Walaupun beberapa peserta tampak kelelahan usai olahraga hingga pukul 18.00, antusias mengikuti Workshop I tetap ada pada diri mereka. Terlihat beberapa peserta datang dengan pakaian olahraga. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta TRADER serius mengikuti dan menjalani setiap rangkaian hingga di akhir rangkaian pada bulan Mei mendatang.

    Poin penting yang dapat dipetik dari materi yang dibawakan oleh Pak Burhan adalah seorang wirausaha tidak perlu memikirkan “bagaimana kalau….” Atau bisa dikatakan terlalu banyak mencari sisi buruk yang mungkin akan timbul dari ide bisnis tersebut. Tak perlu menanggapi hal tersebut cukup lakukan saja aksi nyata secara fokus dan konsisten. Beberapa peserta juga tampak percaya diri untuk langsung bertanya pada Pak Burhan mengenai hal-hal yang mereka kurang paham. Situasi kelas semakin hidup karena terciptanya komunikasi interaksional yang sangat baik antara peserta dan Pak Burhan.

    Di akhir rangkaian ada beberapa pengumuman timeline tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh seluruh peserta yang disampaikan secara detail oleh Fathur. Untuk lebih mengakrabkan diri, diadakanlah sesi foto bersama antara panitia, peserta, dan Pak Burhan selaku pemateri di Workshop ini. Sesi foto diambil dengan latar belakang spanduk TRADER.

    Rangkaian acara terjadwal selanjutnya adalah Workshop II “Cara membuat proposal bisnis”. Jika pada kesempatan kali ini anda berhalangan hadir, agendakanlah waktu luang anda selama dua jam pada hari Senin, 17 Maret 2014 ditempat dan waktu yang sama. Dua jam waktu luang anda akan lebih produktif dan bermanfaat. Sekian

     

    Department of Entrepreneurship (D’Entre)

    HIPMA “Mahakarya Cinta” 2013/2014

    Post Tagged with , , , ,

Leave a Reply