• Pelatihan Pembuatan Proposal Bisnis

    DSC_0058

    Divisi D’Entre kembali mengadakan rangkaian acara TRADER yaitu pelatihan pembuatan proposal bisnis. Pada kali ini acara diselenggarakan pada hari Senin, 17 Maret 2014. Pembicara yang diundang pun adalah orang-orang yang expert di dalam pembuatan proposal yang baik. Dimulai oleh pembukaan dari MC yang dibawakan oleh Andi Hidayat dan Danvi Sarah (AGB49) lalu dilanjutkan pembacaan tilawah oleh saudara Sugandi (AGB49). Acara tepat dimulai pada pukul 19.20 WIB.

    Selanjutnya pemberian materi oleh Bapak Rizal selaku perwakilan dari CDA IPB. Beliau juga adalah alumnus angkatan ke-21 IPB. Pada saat itu karena waktu yang kurang mencukupkan untuk memaparkan seluruh materi sehingga pada sesi beliau langsung pada sesi tanya jawab. Pada sesi ini pak Rizal juga menawarkan ke seluruh peserta maupun panitia yang berminat untuk belajar pengalaman dari event organizer. Para peserta dan panitia juga menyetor email masing-masing agar lebih mudah untuk komunikasi berkelanjutan dengan beliau. Beliau sangat terbuka bagi siapa saja yang pada malam itu belum sempat bertanya bisa menghubungi beliau via email ataupun via sms. Bahkan, salah satu peserta ada yang memberikan kartu namanya kepada beliau agar bisa menjalin link kerjasama maupun kekeluargaan.

    Di sesi selanjutnya, pematerinya adalah seorang mahasiswa yang telah mendapat dana hibah dari PKM-K maupun PMW dengan total lebih dari lima puluh juta. Ia adalah Nusron (AGB48) mahasiswa sederhana yang memiliki segudang prestasi. Pada tahun 2012, beliau mampu meloloskan tiga judul proposal PKM didanai oleh DIKTI. Kak Nusron menyampaikan materi dengan cara sharing pengalaman yang ia lakukan. Beliau memberikan berbagai macam tips bagi para peserta dalam menentukan judul dan latar belakang yang baik. Menurut beliau, kunci agar proposal terlihat menarik adalah dibagian latar belakang. Latar belakang adalah rangkuman dari seluruh isi proposal sehingga harus dibuat secara menarik agar para investor tertarik untuk membaca hingga ke isi proposal yang dibuat. Para peserta sangat menerima saran-saran yang disampaikan oleh kak Nusron. Peserta yang hadir lebih dari sepuluh orang tidak mematahkan atmosfer ruangan disaat itu.

    Setelah dua menit berjalan, dilanjutkan dengan agenda pengumuman informasi-informasi penting yang dibawakan langsung oleh kepala departemen D’Entre yaitu Fathur Rahman (AGB48). Beliau menyampaikan agar para peserta segera mempersiapkan judul untuk proposal bisnis agar panitia mampu meyakinkan Investor untuk datang ke acara Workshop III dan berperan sebagai investor sekaligus juri penilai proposal bisnis peserta. Acara pun ditutup pada pukul 20.50 karena mengingat anak TPB yang harus berada di asarama pada pukul 21.00.

     

    Department of Entrepreneurship

    HIPMA 2013/2014

    Kabinet Mahakarya Cinta

    Post Tagged with , , , ,

Leave a Reply