• Sahabat Cilik Agribisnis! Turun ke Desa tuk Cerdaskan Anak Bangsa!

    Dalam rangka memperkenalkan pertanian ke anak-anak, Department of Social and Our Environment Life HIPMA 2013/2014 menyelenggarakan sebuah kegiatan yang bernama Sahabat Cilik Agribisnis. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Agribisnis terhadap pertanian yang harus diperkenalkan kepada anak-anak di desa Cikarawang. Mereka akan dibimbing untuk mengenal dunia pertanian dan menanamkan jiwa agribisnis melalui metode pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu, kita juga memberikan bantuan pembelajaran di bidang akademik. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu mulai pukul 08.00 – 10.00 selama bulan Maret – Mei 2014 bertempat di SDN 01 Carangpulang, Desa Cikarawang.

                Pertemuan perdana Sahabat Cilik Agribisnis telah dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2014, diikuti oleh 10 mahasiswa Agribisnis sebagai tim pengajar. Kegiatannya dimulai dengan perkenalan ke semua siswa dan dilanjutkan dengan rangkaian games yang telah disiapkan seperti indonesia pintar. Setelah semua kegiatan selesai, siswa pun kembali ke rumahnya masing-masing.

                Pertemuan selanjutnya dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2014 yang diikuti oleh 15 orang mahasiswa Agribisnis. Kegiatan ini dibuka dengan perkenalan singkat. Kemudian membahas soal try out ujian nasional matematika. Setelah selesai belajar, semua siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4 – 5 siswa per kelompoknya dan dimobilisasi menuju lapangan sekolah untuk diberi pembelajaran mengenai tanaman cabai mulai dari proses penanamannya, pertumbuhannya, sampai hasil akhirnya. Setelah itu, semua siswa bisa langsung praktek menanam bibit cabai di lahan yang telah disiapkan. Semua siswa terlihat antusias selama kegiatan menanam cabai ini. Dan akhirnya, kegiatan pada hari itu berakhir dengan piket bersama kelas dan siswa pun kembali ke rumahnya.

                Pertemuan ketiga Sahabat Cilik Agribisnis diselenggarakan pada tanggal 29 Maret 2014. Ada sekitar 18 mahasiswa Agribisnis yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Seperti biasanya kegiatan ini dimulai dengan perkenalan singkat dan dilanjutkan dengan pembahasan soal try out matematika. Setelah itu, semua siswa diajak untuk memupuk tanaman cabai yang sudah mereka tanam. Tak lupa setiap siswa pun disuruh untuk mengamati dan mengukur perkembangan tanaman cabai tersebut. Setelah selesai, kegiatan ini pun ditutup dengan jargon SCA dan para siswa pun kembali ke rumahnya masing-masing.

     

    Department of Social and Our Environment Life

    HIPMA “Mahakarya Cinta”

    2013/2014

Leave a Reply