• Berlatih Menulis Karya Tulis Ilmiah dan Membedah Lomba

    Pada hari Selasa, 20 Mei 2014 bertempat di Rk. AGB 202b, Creativity and Career Development Department (CCDD) Himpunan Profesi Mahasiswa Peminat Agribisnis (HIPMA) mengadakan acara pelatihan menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan bedah lomba. Tujuan diadakannya pelatihan KTI dan bedah lomba ini adalah melatih dan memberikan pengetahuan serta keterampilan kepada mahasiswa untuk menulis karya ilmiah. Selain itu, diadakan pula bedah lomba yang bertujuan untuk memberikan kiat-kiat dalam menghadapai lomba-lomba penulisan karya tulis ilmiah. Diharapkan setelah diadakannya pelatihan KTI dan bedah lomba ini mahasiswa Agribisnis dapat mengikuti lomba-lomba penulisan karya tulis ilmiah dengan baik dan mengharumkan nama Institut Pertanian Bogor. Lomba yang akan dibedah pada kesempatan kali ini yaitu lomba PERHEPI dan Agrination. Acara dimulai mulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIB dengan dihadiri oleh mahasiswa Agribisnis angkatan 48 dan 49.

    Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Asep Abidin dan Danvi Sarah (AGB 49), kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Khoiru Rizqi Rambe (AGB49). Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua HIPMA 2014 Salman Fajri (AGB48) yang memberikan pengantar berupa betapa pentingnya menulis di kalangan mahasiswa. Ilmu pelatihan ini akan sangat berguna bagi mahasiswa khususnya yang ingin mendapatkan prestasi di luar akademik. Setelah penyampaian sambutan yang disampaikan oleh saudara Salman Fajri selaku ketua HIPMA 2014, ditampilkan CV pemateri yaitu Ibu Tintin Sarianti, SP, MM yang sudah sangat malang melintang dan memiliki prestasi yang sangat luar biasa di dunia penulisan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

    Acara pun dilanjutkan dengan acara utama yaitu materi penulisan yang disampaikan oleh Ibu Tintin Sarianti, SP, MM. Ibu Tintin menekankan pentingnya menulis. Ditangan para peserta diharapkan bisa mengharumkan dan memberi prestasi bagi departemen Agribisnis dan IPB. Pemateri menyampaikan ide justru lebih sering didapatkan ketika saat rileks ketimbang berpikir serius. Sikap ilmiah diantaranya yaitu sikap kritis, sikap ingin tahu, tekun, obyektif, tidak merasa paling benar, menghargai karya oranglain, berorientasi pada hasil untuk kemanfaatan umum, dan semangat melakukan perubahan. Bentuk karya ilmiah diantaranya buku, artikel, skripsi, tesis, disertasi, dan laporan. Ilmiah yaitu disajikan secara sistematis, cermat, tidak emotif, tidak persuasif, mudah dipahami, tidak argumentatif, tulus, tidak mengejar kepentingan pribadi, dan semata-mata memberi informasi. Kesulitan menulis biasanya adalah membuat ide dan gagasan dapat dituliskan karena hal ini memerlukan ketekunan, kecermatan, dan kehati-hatian. Menulis karya tulis ilmiah berawal dari masalah kemudian terdapat ide (kreatif) untuk mengatasi masalah tersebut dan didukung oleh sarana/prasarana. Sumber masalah dapat berasal dari laporan hasil penelitian, seminar dan diskusi, pernyataan pemegang otoritas, browsing internet, pengalaman pribadi, pengamatan. Kreatif terdiri dari Mind (imajinasi, persepsi, nalar), Sense (emosional, harmonisasi, estetika), dan Skill (bakat, faal tubuh, pengalaman).

    Pembuatan Karya Tulis Ilmiah

    • Mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri, buka penentuan judul tulisan
    • Menganalisis pertanyaan yang dimunculkan
    • Membuat kerangka pemikiran
    • Membuat lay-out tulisan (pembuatan outline)
    • Menulis (isi dari masing-masing outline yang telah dibuat)
    • Proffreading (meninjau ulang)
    • Membuat abstrak
    • Memeriksa/membuat judul
    • Finalisasi

    Penyakit yang biasanya menghantui penulis adalah memulai sebuah tulisan. Memunculkan pertanyaan apa yang harus pertama dituliskan, serta bagaimana penyusunan kalimat dan pengalineaanya. Kebingungan karena adanya sejumlah gagasan yang “berebut” untuk dituliskan terlebih dahulu dan kebingungan lain yang menyangkut kebahasaan. Pemateri pun membahas dan menekankan pentingnya outline.

    Setelah penyampaian materi oleh pembicara yang diselingi oleh sesi Tanya jawab, acara dilanjutkan dengan bedah lomba dan penyampaian lomba-lomba yang dapat diikuti oleh para mahasiswa dalam waktu dekat ini, diantaranya yaitu lomba yang diadakan oleh PERHEPI dan Agrination yang diselenggarakan oleh HIPMA. Pembicara membahas tentang lomba-lomba tersebut apa-apa yang dapat dituliskan dan beliau menyampaikan bahwa Agribisnis memiliki peluang yang sangat besar terhadap kedua lomba ini karena memang sangat cocok dan sesuai dengan kompetensi Departemen Agribisnis. Pembicara juga menyampaikan hal-hal serta kiat-kiat terkait lomba tersebut dan untuk menghadapi lomba-lomba karya tulis ilmiah tersebut.

    Setelah penyampaian materi dan diskusi selesai, acara pun dikembalikan kepada MC. Bagi peserta yang ingin mendapatkan materi, info-info ataupun membutuhkan pembimbing untuk penulisan LKTI dapat menghubungi Kiki (085741137713). Kemudian acara dilanjutkan oleh penyerahan sertifikat dan bingkisan kepada pembicara. Acara pun ditutup dengan pembacaan doa oleh saudara Khoiru Rizqi Rambe dan penutup oleh MC.

    Creativity and Career Development Department

    HIPMA Kabinet Mahakarya 2013/2014

Leave a Reply