• Mega Fieldtrip AGB50

    2Mega Fieldtrip merupakan salah satu program kerja dari Creativity and Career Development (CCDD) dibawah naungan Himpunan Profesi Mahasiswa Peminat Agribisnis (HIPMA). MegaFieldtrip merupakan program kerja yang bertujuan mengenalkan dunia Agribisnis secara nyata di lapangan kepada Mahasiswa baru yang baru saja masuk ke Departemen Agribisnis serta mengompakkan angkatan baru Departemen Agribisnis tersebut. Mega Fieldtrip kali ini merupakan tahunnya angkatan 50 dimana panitia dan pesertanya adalah mahasiswa Departemen Agribisnis angkatan 50 dengan didampingi oleh HIPMA. Acara ini bertempat di Vila Botani, Tajur Halang, Bogor yang diadakan pada tanggal 12 Oktober 2014. Acara ini diikuti oleh hampir seluruh mahasiswa Agribisnis angkatan 50 ditambah beberapa orang perwakilan dari HIPMA

    Peserta berkumpul di depan Gedung Grha Widya Wisuda (GWW) pukul 05.30. Setelah persiapan dan berbagai hal lainnya, peserta dimobilisasi ke depan ATM center untuk dilakukan pengabsenan, doa, dan briefing sebelum pemberangkatan. Peserta berangkat pada pukul 06.30 dengan menggunakan angkot. Sekitar pukul 08.00 rombongan telah sampai di tempat tujuan. Kemudian dilakukan kumpul sebentar untuk sarapan dan memastikan kesiapan fieldtrip.

    Mega Fieldtrip dimulai dengan berjalan kaki menuju tempat yang telah ditentukan dari pintu masuk Vila Botani. Setelah sampai di tempat berkumpul yang telah ditentukan, peserta kemudian dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan dengan urutan NIM. Masing-masing kelompok memiliki PJ kelompok yang sudah melakukan survey tempat sebelumnya. Tujuan dilakukan pembagian kelompok ini adalah untuk mengefisienkan waktu dalam pengunjungan tempat-tempat yang akan dikunjungi. Ketiga tempat tersebut yaitu tanaman obat, tempat pengolahan pupuk, dan hutan lindung.

    Untuk tempat pertama seluruh kelompok melihat dan mempelajari terkait sayuran organik. Kemudian setelah itu ketiga kelompok mulai berpencar. Kelompok satu ke tempat tanaman obat, kelompok dua ke tempat pengolahan pupuk, dan kelompok tiga ke hutan lindung. Setiap kelompok secara bergantian mengunjungi ketiga tempat tersebut untuk dapat mempelajari keseluruhannya. Sekitar pukul 11 diadakan istirahat sejenak dengan menikmati hidangan alam berupa minuman jahe hangat ditemani dengan rebusan jagung dan ubi serta singkong goreng. Setelah istirahat sejenak, kunjungan ke tempat-tempat tersebutkembali dilanjutkan.

    Sekitar pukul 12.00 peserta berkumpul di sebuah vila untuk istirahat, makan siang dan sholat sebelum acara berikutnya. Setelah peserta makan siang dan sholat, acara dilanjutkan dengan kumpul bersama. Acara dibuka oleh MC dengan ceria dan semangat diikuti oleh semarak peserta. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Uli selaku Ketua Mega Fieldtrip dan Salman selaku Ketua Hipma. Setelah itu diadakan penyampaian kesan pesan dari para peserta dan acara pun ditutup dengan pembacaan doa dan jargon AGB “Growing The Future”. Sebelum pulang diadakan sesi foto bersama dengan seluruh peserta. Acara pun selesai dan seluruh rombongan kembali ke kampus Dramaga ataupun rumahnya masing-masing. Diharapkan dengan adanya acara ini, para peserta bisa mengambil banyak manfaat dan bisa lebih mengenal dunia Agribisnis secara riil di dunia nyata.

Leave a Reply