Mitra Desa ‘Tuk Bangun Bangsa!
Wednesday October 22nd 2014, 7:12 am
Filed under: D'Soul,Hipma,Press Release

IMG_5817 (3204 x 2136)

IMG_5855 (3204 x 2136)

Kegiatan Lokakarya Mitra Desa 2014 adalah suatu kegiatan yang mewadahi petani untuk menyampaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi para petani. Program ini berada di bawah Department of Social and Our Environment Life (D’SOUL) HIPMA. Kegiatan lokakarya Mitra Desa 2014 ini dilaksanakan pada tanggal 03 Oktober 2014 pada pukul 13.30 WIB di Balai Desa, Kantor Kepala Desa Cikarawang. Kegiatan Lokakarya ini dihadiri oleh 53 orang, terdiri dari dosen Departemen Agribisnis IPB, yaitu Bapak Dr. Ir. Burahanuddin, MM. dan Bapak Ach. Firman Wahyudi, SE, Msi. Lalu perwakilan dari GAPOKTAN Mandiri Jaya, Poktan Hurip, Poktan Setia, Poktan Mekar, Poktan Subur Makmur, Poktan Subur Jaya, Pokdakan Mina Situburung, LPM, UPT, penyuluh , Dewan Pemusyawaratan Desa, GP3A, perangkat desa serta mahasiswa.

Kegiatan ini diawali pembukaan oleh Emma Amaliasari (AGB48) selaku MC, lalu dilanjutkan tilawah oleh Taufiq Surahman (AGB48). Kemudian sambutan oleh M. Iqbal Saputra (AGB48) selaku ketua pelaksana. Lalu sambutan oleh Sekretaris Departemen Agribisnis, yaitu Dr. Ir. Burhanuddin, MM. Terakhir, sambutan disampaikan oleh Kepala Desa Cikarawang. Setelah selesai pembukaan beserta sambutan-sambutan, Sekretaris Departemen Agribisnis IPB memberikan penghargaan berupa plakat kepada Kepala Desa Cikarawang sebagai bentuk terima kasih atas kepercayaannya sehingga HIPMA bisa bekerjasama dengan petani di sana.

Acara dilanjutkan dengan FGD atau Focus Group Discussion, yaitu inti dari kegiatan lokakarya  yang dimoderatori oleh Bapak Ach. Firman Wahyudi, SE, M.Si. dalam kegiatan FGD ini, para petani menyampaikan berbagai permasalahan yang dihadapinya berkaitan dengan kegiatan pertanian. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh para petani adalah masalah tenaga kerja yang kurang karena banyak yang beralih ke pekerjaan lain, sehingga pekerja yang ingin bekerja di ladang atau sawah sedikit. Lalu masalah pengairan, pupuk yang mahal sehingga petani menginginkan pupuk yang disubsidi oleh pemerintah. Lalu masalah pemasaran hasil pertaniannya hingga outlet atau tempat untuk memasarkan olahan produk pertanian.

Lalu, setelah Focus Group Discussion berakhir, acara dilanjutkan dengan pemberian bantuan, sertifkat, dan plakat oleh Bapak Dr. Ir. Burhanuddin, MM. dan Salman Fajri (AGB48) selaku Ketua HIPMA kepada tiap–tiap perwakilan kelompok tani dan kelompok wanita tani. Kemudian, acara diserahkan kembali kepada MC, dan kegiatan Lokakarya Mitra Desa 2014 ditutup.

Department of Social and Our Environment Life

HIPMA 2013/2014

Kabinet Mahakarya Cinta


No Comments so far
Leave a comment



Leave a comment
Line and paragraph breaks automatic, e-mail address never displayed, HTML allowed: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>