• Serunya Agribusiness Festival 2014!

    Logo Agrifest 2014Agribusiness Festival (Agrifest) merupakan acara tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Department of Soul and Our Environment Life (D’SOUL) yang bergerak dibawah naungan HIPMA. Agrifest tahun ini mengusung tema “Penguatan Sektor Pangan Nasional melalui Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Sistem Agribisnis dalam Menghadapi AEC 2015”. Tahun ini merupakan tahun ketiga Agrifest digelar. Dengan mengangkat tema mengenai AEC (ASEAN Economic Community) diharapkan Agrifest menjadi media penyampaian informasi kepada masyarakat luas terutama para pelaku bisnis mengenai kehadiran program yang akan mengikutsertaan seluruh masyarakat Asia Tenggara tersebut.
    Agrifest sendiri dikemas sebagai sebuah rangkaian acara yang berlangsung dari tanggal 21 sampai 28 September. Dibuka dengan perayaan besar bersama masyarakat sekitar yang dibuat di lapangan parkir GWW. Sebagai pembuka, diadakan fun bike yang mengundang komunitas sepeda sebagai peserta dan juga masyarakat umum yang ingin berpartisipasi. Fun bike kali ini diadakan dari GWW hingga Desa Cikarawang yang terdapat di belakang Kampus IPB Dramaga. Di sana, peserta fun bike akan disibukkan dengan kegiatan pertanian, yaitu menanam ubi. Tidak hanya itu, acara yang dinamakan KAMPANYE AGRIBISNIS tersebut juga diisi dengan makan brownies bersama yang dibuat besar-besaran oleh ibu-ibu KWT Desa Cikarawang. Di sana juga terdapat stand-stand pelaku agribisnis yang bisa dikunjungi peserta.
    Tanggal 27 September diadakan babak final dari Agrination (Agribusiness National Competition). Agrination ini adalah lomba se-nasional yang diikuti oleh mahasiswa dan siswa SMA. Ada dua lomba yang tergabung di dalamnya, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan English Debate. Sementara esoknya, tanggal 28 September digelar pertemuan antara pelaku agribisnis dari pihak pemerintah hingga petani Desa Cikarawang yang menjadi peserta TALKSHOW & EXPO AGRIFEST. Banyak ilmu yang dapat dipelajari di acara ini karena pembicara yang diundang bukanlah orang sembarangan. Acara ini bertujuan membahas kesiapan pasar agribisnis Indonesia dalam menghadapi AEC 2015 dan bagaimana yang harus dilakukan para pelaku agribisnis.
    Dengan berakhirnya acara terakhir, berakhir juga rangkaian dari Agribusiness Festival tahun 2014. Tentunya Agrifest ini akan kembali diadakan di tahun depan dengan tema dan kemasan yang berbeda. So, tunggu infonya dan sampai jumpa di Agribusiness Festival 2015!

    Department of Social and Our Environment Life

    HIPMA 2013/2014

    Kabinet Mahakarya Cinta

    Post Tagged with , , , , ,

Leave a Reply