• TOEFL Preparation and Academic Writing Courses

    Bahasa merupakan hal yang terpenting saat ini dan untuk masa depan. Kehadiran AEC 2015 juga akan memaksa bangsa Indonesia untuk memiliki kemampuan dalam berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Hal inilah yang membuat Departemen Agribisnis FEM IPB bekerjasama dengan Himpunan Profesi Mahasiswa Peminat Agribisnis (HIPMA) membuat kegiatan bertajuk “TOEFL Preparation and Academic Writing Courses”. Kegiatan ini ditujukan untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa Agribisnis guna menghadapi persaingan masyarakat ekonomi di Asia Tenggara dalam mendapat pekerjaan dan sebagainya. Kegiatan ini bertemakan “Better English Skill for Better Future” yang terdiri dari dua inti acara, yaitu seminar tips dan trik memperoleh skor TOEFL yang tinggi dan membuat esai berbahasa Inggris yang baik dan tes TOEFL Prediction.

    Seminar persiapan TOEFL dan pembuatan esai dilakukan pada tanggal 15 November 2014 bertempat di RK. 4 AGB 202B mulai pukul 09.00 WIB. Seminar ini mengajak tbi-LC (The Brighton International – Learning Center) sebagai narasumber. Sesi pertama diisi dengan materi pembuatan esai yang baik. Miva Aziza, S.S, yang menjadi pembicara kali ini. Agar membiasakan diri dengan percakapan bahasa Inggris, semua diskusi antara pembicara dengan peserta menggunakan bahasa Inggris. Kegiatan ini tidak hanya diisi dengan penyampaian materi dari pembicara semata, namun ada juga praktik menulis langsung dengan bahasa Inggris.

    Sesi kedua diisi dengan pengenalan berbagai macam jenis tes bahasa Inggris, terutama TEOEFL. Sesi kedua diisi oleh drh. Fauziah Asril Darussamin, yang juga berasal dari tbi-LC. Seperti sesi sebelumnya, semua diskusi di sesi ini juga menggunakan bahasa Inggris. Pembicara menerangkan berbagai macam jenis tes, seperti PBT dan IBT. PBT (Paper Based Test) ialah tes yang menggunakan kertas seperti yang kebanyakan ada di lembaga kursus bahasa Inggris. Sementara iBT (Internet Based Test) ialah tes yang menggunakan koneksi internet dan dilakukan secara online. Kegiatan hari itu berakhir pukul 13.00 WIB.

    Pada tanggal 22 November 2014 kemudian dilangsungkan tes TOEFL Prediction di Teaching Lab, IPB, dimulai pukul 09.30 WIB. Kegiatan tes ini memakai lembaga bahasa kampus, yaitu Unit Pelatihan Bahasa. Tes ini diadakan dengan tujuan melihat kemampuan diri sendiri dalam berbahasa Inggris, sehingga nantinya dapat mempertahankan atau meningkatkan kembali kemampuan yang sudah didapatnya. Kegiatan ini berakhir pada pukul 12.00 WIB. Hasil dari tes sudah diketahui dan bisa didapat di Ridwan Umar Hanafi (AGB48).

    HIPMA 2013/2014

    Kabinet Mahakarya Cinta

Leave a Reply