Sejarah

Himpunan Profesi Mahasiswa Peminta Agribisnis (HIPMA)
Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen
Institut Pertanian Bogor

Pada awalnya, jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (SOSEK) Fakultas Pertanian IPB terdiri atas program studi Manajemen Agribisnis (MAB), Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (KPM), dan Ekonomi Pengembangan Sumberdaya (EPS). Pada akhirnya, sekitar tahun 2004 terjadi restrukturisasi program studi Institut Pertanian Bogor dengan adanya departemenisasi program studi-program studi dalam rumpun ilmu yang sama. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (SOSEK) merupakan salah satu jurusan yang mengalami restrukturisasi tersebut. Akhirnya, jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (SOSEK) Fakultas Pertanian terpecah menjadi Departemen Manajemen Agribisnis (MAB), dan Ekonomi Sumberdaya Lingkungan (ESL) yang diampu di bawah Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), serta Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (KPM) yang diampu di bawah Fakultas Ekologi Manusia (FEMA). Khusus untuk departemen Manajemen Agribisnis (MAB) bergabung dengan sebagian rumpun ilmu-ilmu program studi Sosial Ekonomi Perikanan (SEI) dan Sosial Ekonomi Industri Peternakan (SEIP) yang kemudian berganti nama menjadi Departemen Agribisnis (AGB) FEM IPB.

MISETA (Peminat Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian) yang notabene merupakan himpunan minat dan profesi mahasiswa dari jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (SOSEK) terpecah menjadi tiga himpunan profesi, yaitu HIPMA merupakan himpunan profesi yang diampu Departemen Agribisnis, REESA merupakan himpunan profesi yang diampu Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan (ESL), dan HIMASIERA merupakan himpunan profesi yang diampu Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (KPM). Tahun 2007 merupakan kepengurusan terakhir MISETA yang dipimpin oleh Muhammad Aliy Abdulloh, mahasiswa jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (SOSEK) angkatan 41.

Sebelumnya, pada tahun 2006 merupakan tahun pertama bagi departemen-departemen pecahan dari jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (SOSEK) memiliki mahasiswa angkatan pertama, khususnya bagi Departemen Agribisnis merupakan tahun pertama bagi mahasiswa Departemen Agribisnis (AGB) angkatan 42. Berdasarkan tujuan dan kebutuhan yang sama seluruh mahasiswa Departemen Agribisnis (AGB) angkatan 42 akan adanya sebuah wadah yang dapat menjadi sarana dan prasarana untuk meningkatkan softskill dan hardskill sesuai dengan profesi bidang keilmuan agribisnis, maka dibuat perencanaan untuk mendirikan himpunan profesi mahasiswa agribisnis.

Akhirnya sekitar tahun 2006 sampai dengan 2007, mahasiswa Departemen Agribisnis (AGB) angkatan 42 sepakat mendirikan sebuah himpunan profesi bernama AGRISHIP yang merupakan singkatan dari Agribusiness Student Fellowship. Akan tetapi, dalam perjalanannya terdapat saran dan masukan dari beberapa dosen senior civitas Departemen Agribisnis (AGB) bahwa sebaiknya nama sebuah himpunan profesi menggunakan bahasa Indonesia terlebih dahulu, baru nama tersebut diartikan dalam bahasa Inggris. Hal ini dimaksudkan karena ketika himpunan profesi tersebut terdaftar di kelembagaan formal yang ada di negara Indonesia, seluruh nama organisasi tersebut diwajibkan untuk menggunakan nama dalam bahasa Indonesia.

Berdasarkan pertimbangan saran dan masukan dosen senior civitas Departemen Agribisnis (AGB) tersebut serta ditambah lagi dengan hasil musyawarah mahasiswa angkatan 42 dan 43 serta civitas Departemen Agribisnis (AGB) pada Rapat Umum Anggota himpunan profesi pertama sepakat secara mufakat mengganti nama AGRISHIP menjadi HIPMA yang merupakan singkatan dari Himpunan Profesi Mahasiswa Peminat Agribisnis. Acara tersebut berlangsung pada hari Minggu tanggal 16 Desember 2007 bertempat di Ruang Kuliah 4.AGB.202.A Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Pada tanggal itupun disepakati sebagai hari didirikannya HIPMA IPB.

Pergantian nama tersebut merupakan hasil dari proses demokrasi musyawarah mufakat dari sejumlah masukan nama yang diusulkan oleh anggota Rapat Umum Anggota yang hadir. Pada Rapat Umum Anggota itulah ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Himpunan Profesi Mahasiswa Peminat Agribisnis (HIPMA), Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Selain itu, pada Rapat Umum Anggota tersebut dilangsungkan pelantikan Ketua HIPMA periode 2007-2008 yang diamanahkan kepada Isnurdiansyah, mahasiswa Departemen Agribisnis (AGB) angkatan 42 dengan pembina HIPMA pertama diamanahkan kepada Dra. Yusalina, MSi dan Yeka Hendra Fatika, SP. Acara tersebut dihadiri dan diresmikan oleh Ketua Departemen Agribisnis saat itu Dr. Ir. Nunung Kusnadi, MS (HMK).

Himpunan Profesi Mahasiswa Peminat Agribisnis yang berkedudukan di Institut Pertanian Bogor atau yang lebih dikenal dengan sebutan HIPMA IPB, berdiri pada tanggal 16 Desember 2007, melalui Rapat Umum Anggota (RUA) yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa Agribisnis dan sebagian perwakilan dari Departemen Agribisnis. Organisasi ini pertama kali diketuai oleh Isnurdiansyah yang kemudian secara resmi digantikan oleh Dhida Praja Sukmawan pada tanggal 14 Maret 2009. Organisasi yang memasuki tahun kedua dalam kepengurusannya ini sedikit demi sedikit mulai berbenah demi mencapai visi dan misi yang telah dicita-citakan bersama. Hal ini tak lepas dari kerjasama dan partisipasi aktif mahasiswa agribisnis sebangai anggota HIPMA IPB itu sendiri, sehingga keberadaan HIPMA IPB dapat dirasakan secara langsung oleh mahasiswa Departemen Agribisnis.

Manajemen Agribisnis (MAB) bergabung dengan sebagian ilmu-ilmu program studi Sosial Ekonomi Perikanan (SEI) dan Sosial Ekonomi Industri Peternakan (SEIP) menjadi Departemen Agribisnis yang kemudian bergabung dengan Fakultas Ekonomi dan Manajemen dengan Dr. Ir. nunung Kusnadi, MS sebagai Ketua Departemen dan Ir. Dwi Rachmina, M.Si sebagai Sekertaris Departemen.